Tutorial cara mengaplikasikan gambar ke semua bidang(objek)

Sebelum ingin menggunakan jasa desain, alangkah baiknya kita mengetahui beberapa cara yang biasa digunakan dalam proses gambar, jadi kita bisa memilih cara yang kita mau, balik lagi sesuai selera sih, dan ada kelemahan juga kelebihannya masing2. Ada beberapa teknik standar untuk mengaplikasikan sebuah gambar, yaitu decal, transfer papper, cutting (manual kating), realis, sablon dan anodaizing.



Decal

Konsep decal ini membutuhkan setting komputer dan sebuah printer berbasis solvent dengan tinta kualitas baik yang tahan terhadap cahaya matahari(outdoor ink). Bisa lihat disini.


Transfer paper

Konsep ini hampir sama dengan decal, hanya saja proses mengaplikasiannya di celup/pemanasan(heating).


Pemotongan(cutting)

Penggunaan teknik pemotongan menggunakan mesin cutting atau kater tangan dan lem kertas(vinyl) yang sudah bermotif gambar yang kemudian disemprotkan warna. Paling sering digunakan dalam grafis dan motif atau gambar yang bersifat vektor.


Realis 

Teknik ini hanya menggukanan pen brush saja, dengan ukuran noozle(mata jarum) yang sangat kecil sehingga dapat menghasilkan detail dari gambar atau spet pada pilox, mulai dari pembuatan sketsa hingga pewarnaannya dibutuhkan tingkat imajinasi. Biasa diterapkan oleh pelukis-pelukis.


Sablon

Sablon atau Screen Printing, proses ini yang paling panjang dan rumit, biasa digunakan untuk produksi massal(pabrikan) dengan teknik sablon ini dapat menggunakan semua jenis bahan(tinta/cat/chemical).


Anodaizing

Biasa digunakan untuk warna krom yaitu perpaduan antara nikel, krom dan besi (logam lainnya) dengan cara elektrolisis , namun lebih sering dipadukan dengan tembaga, sehingga menghasilkan lapisan baja yang tahan karat. Teknik ini hanya khusus untuk benda-benda logam saja.


Swirling Paint

Menggunakan media bak dan air yang diswir(ditabur) cat (karena air tidak akan menyatu dengan minyak) agar cat tidak kabur dengan cat sebelum pencelupan, sehingga cet mengambang di atas air, kemudian objek dicelup ke dalam bak. Menggunakan stick kayu(ada juga yang sudah bermotif) untuk gambarnya.


Laser

Adalah proses pemotongan material yang memanfaatkan laser, menghasilkan potongan berkualitas tinggi dan akurat secara dimensi. Laser cutting bekerja dengan mengarahkan output laser daya tinggi melalui nozzle ke materi di area lokal. CNC (Computer Numerical Control) digunakan untuk mengarahkan sinar laser yang dihasilkan, sehingga sering juga disebut CNC Laser Cutting.

Laser komersial untuk pemotongan material menggunakan motion control system untuk mengikuti CNC atau G-code dari pola yang akan dipotong pada material. Sinar laser terfokus diarahkan pada material, kombinasi panas dan tekanan sehingga materi akan meleleh, terbakar, menguap, atau tertiup angin gas, namun menghasilkan permukaan sisi-sisi akhir yang rapih dan berkualitas tinggi.

Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Jika kamu belum memiliki Photoshop, bisa download dibawah ini...

>>>Photoshop cs4 no crack

>>>Photoshop cs5 + crack