Apa itu warna C (cyan) dalam dunia sablon dan percetakan

cyan dalam pantone process coated photoshop

Warna ini memiliki kode #00FFFF, nilai RGB (0, 255, 255) dan nilai CMYK (100, 0, 0, 0). Berikut penjelasan singkat tentang apa itu warna C(cyan) dalam dunia sablon dan percetakan dalam prosesnya, agar tidak keliru dalam mencampurkan warna dengan menggunakan metode CMYK.


Sian atau lebih dikenal dalam Bahasa Inggris cyan berasal dari bahasa yunani yaitu "kuavos" yang berarti biru adalah warna biru kehijau-hijauan.



Warna cyan sesungguhnya itu seperti warna biru telur asin.

Kode RGB = 0,255,255 diatas artinya, R=0, G=255, B=255 artinya untuk mendapatkan warna cyan, kamu cukup mencampur warna G(hijau) dan B(biru). Dan jangan lupa dicampur warna putih untuk mendapatkan warna yang lebih muda(soft).

Disarankan menggunakan 1 warna tosca dari kedua warna tersebut, agar mendapatkan warna cyan yang bagus. Misalnya, jika kamu memiliki warna biru, sebaiknya dicampur dengan warna hijau tosca atau hijau stabilo.


Sedangkan di Photoshop pigmen warna cyan dalam PANTONE process Coated dengan pemilihan warna paling atas (cyan, magenta, yellow, black).

Warna cyan adalah salah satu penyusun dasar dalam sistem pigmen pewarnaan cmyk di dunia sablon dan percetakan. Pendekatan warna ini tersusun dari pencampuran warna hijau dan biru dalam sistem warna cahaya warna.

Masyarakat awam sering mempertukarkan warna cyan dengan warna hijau dan biru. Hal ini tidak terlalu tepat dikarenakan cyan itu berada di tengah-tengah antara warna hijau dan biru. 

Jika kamu belum memiliki Photoshop, bisa download dibawah ini...

>>>Photoshop cs4 no crack

>>>Photoshop cs5 + crack