Jika kamu belum memiliki Program Desain, bisa download dibawah ini...

>Photoshop cs4 no crack >Photoshop cs5 + crack

>Coreldraw Portable X5 >WinRAR 7.01(fileCR)


Alat dan Bahan Sablon Manual

Sebelum kita melangkah ke proses penyablonan sebaiknya kenali dulu fungsi dari peralatan dan bahan inti yang dibutuhkan sebelum proses sablon kaos manual.



Film
Film ini bisa dikatakan sebagai model desain berupa tulisan ataupun gambar  yang ingin kita cetak kedalam objek kaos. Film ini didesain dengan komputer menggunakan program Photoshop, CorelDraw, Freehand dll yang telah di print. Agar hasil lebih baik disarankan untuk menggunkan mesin printer jenis Laser, sebenarnya menggunakan printer biasa juga bisa namun hasil print kurang begitu tajam. Agar tidak salah print Jenis kertas untuk afdruk bisa cek disini dan cara mendesainnya lihat di daftar artikel disitu kamu dapat mempelajari trik-trik mendesain gambar kaos.

screen untuk penyaringan
Screen Sablon

Screen
Adalah media yang media yang dipakai untuk mengantarkan tinta sablon ke objek kaos. Screen berbentuk kotak persegi atau persegi panjang yang dipasangkan kain khusus dengan berbagai type screen seperti T120. T14, T70 dll dengan ukuran 30x40cm, 40x50cm dan bahkan ada yang berukuran sangat besar. Untuk menyablon dibahan plastik biasanya menggunakan ukuran screen T120 ke atas agar tinta cat tidak gambang rembes di screen. Sedangkan untuk jenis tinta rabber biasa menggunakan jenis screen ukuran sekitar T61.

rakel untuk penyapuan tinta
Rakel

Rakel
Digunakan untuk menyapu tinta sablon  yang berada diatas screen, agar tinta dapat tersaring dan membentuk gambar pada objek kaos. Rakel berbentuk panjang terbuat dari karet dan diberi pegangan kayu ataupun besi.

chemical/cat dan tinta/pigmen warna sablon
Chemical/Cat dan Tinta/Pigmen Warna Sablon

Chemical/Cat dan Tinta/Pigmen Warna
Lihat gambar diatas, sebelah kiri disebut dengan Chemical/Cat seperti Rubber, Superwhite, Plastisol dll dan disebelah kanan disebut dengan Tinta sablon yang beraneka ragam warna seperti warna merah, hijau, biru, cyan, magenta, yellow, black dll. Jadi dalam pembuatan tinta untuk penyablonan dibutuhkan dua bahan tersebut yang dicampurkan untuk melekat pada kaos dengan warna yang diinginka. Ada juga tinta yang dijual sudah dalam keadaan tercampur dan siap pakai. Pelajari "karakter dari jenis-jenis cat/tinta sablon"

Cairan Pencampur
Biasanya disetiap jenis chemical/cat memiliki basisnya sendiri, seperti basis air dan basis minyak. Dan yang paling sering menggunakan cairan pencampur adalah basis minyak, seperti M3, M4, M3 super, tinner dll. Ini berguna untuk mendapatkan kekentalan dan hasil warna.

emulsion dan sensitizer
Obat Afdruk

Obat Afdruk
Bahan ini terbuat dari bahan kimia yang sangat peka terhadap cahaya. Biasanya dalam satu kotak terdapat 2 botol, 1 Emulsion berwarna putih/biru/hijau dan 1 Sensitizer berwarna orange. Cara pakainya hanya cukup dicampur kedua bahan tersebut dengan takaran 1 sendok makan Emulsion dengan 3-5 tetes Sensitizer. Ada juga yang dijual sudah dalam keadaan tercampur dan siap pakai.

Hardener (pengeras screen)
Ini berbentuk cairan berwarna seperti warna grape, yang biasa dijual dengan berat 1 ltr/lebih. Berfungsi untuk pengeras screen yang dipakai dengan mongoleskannya di permukaan depan dan belakang screen.

meja afdruk untuk proses pencahayaan
Meja Afdruk

Meja Afdruk
Meja ini berfungsi untuk proses pencahayaan agar gambar yang diinginkan dapat terbentuk secara proses kimia dari obat afdruk. Ini terbuat dari kerangka besi atau kayu dan diberi kaca diatasnya untuk meletakan screen. Dalam proses pencahayaan bisa juga menggunakan cahaya matahari terik secara langsung, namun harus bergantung dengan cuaca yang panas.



Meja Sablon
Ini berguna untuk meletakan objek kaos yang ingin kita tuangkan gambar. Ada banyak model meja ini, buatlah model meja senyaman mungkin yang sesuai dengan kebutuhan anda agar dapat membantuk kinerja anda.

hairdryer untuk pengeringan
Pengering

Hairdryer
Lihat gambar diatas, disebelah kiri adalah alat yang biasa digunakan untuk membengkokan besi dengan kapasitas Watt yang besar dan disebelah kanan biasa untuk mengeringkan rambut. Pakai alat diatas sesuai dengan kebutuhan. Biasanya untuk sablon jenis plastisol membutuhkan pengeringan dengan panas yang cukup tinggi agar dapat kering hingga kedalam tinta.

mesin press untuk memaksimalkan hasil
Mesin Press

Mesin Press
Mesin ini sangat membantuk untuk hasil lebih maksimal. Tidak menggunakan alat inipun tidak masalah. Alat ini digunakan pada saat proses penyablonan selesai. Karena harganya yang relatif mahal, jarang yang menggunakan alat ini. Dengan menggunakan mesin press ini dapat menghasilkan gambar lebih baik dan membantuk pengeringan juga perataan tinta pada kaos.

Penghapus Screen
Ini terbuat dari bahan kimia, ada yang keras ada juga yang aman dipakai. Berfungsi untuk menghilangkan obat afdruk pada screen sehingga screen dapat dipakai untuk proses pembuatan gambar kembali. Biasanya seperti bayclean, kaporit dan ada jenis lainnya, banyak dijual di toko sablon.

Terakhir adalah peralatan pendukung lainnya seperti paku, obeng, kunci pas, baut, kartu perdana bekas, kayu dll sehingga dapat membantuk kinerja pada proses penyablonan agar lebih efisien.

Oke sekarang kita langsung ke Proses Sablon Kaos Manual

Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post