Jika kamu belum memiliki Program Desain, bisa download dibawah ini...

>Photoshop cs4 no crack >Photoshop cs5 + crack

>Coreldraw Portable X5 >WinRAR 7.01(fileCR)


Apa itu pigmen warna K (key)(black) dalam dunia sablon dan percetakan

Apa itu pigmen warna K (key)(black) hitam pada CMYK

K (black) atau byasa disebut juga hitam adalah salah satu jenis warna dasar premier di urutan terakhir dalam sistem CMYK. Kode warna ini #000000, nilai RGB (0, 0, 0) dan nilai CMYK (0, 0, 0, 100). Berikut penjelasan tentang warna K(key)(black) dalam dunia sablon dan percetakan ataupun fotografi.


Definisi ideal dari warna ini adalah representasi ketidakhadiran sedikitpun warna lain dan cahaya di dalam ruangan gelap. Dalam dunia fotografi ini berarti ketidakmampuan film atau sensor untuk menangkap cahaya akibat itensitas pembakaran terlalu rendah. Hal ini bisa dilakukan dengan pengukuran under exposure dalam penggunaan lightmeter.

Sedangkan dalam dunia sablon dan percetakan warna ini sangat bernilai efisiensinya terutama percetakan kertas. Di dunia sablon digunakan untuk menaikkan value(nilai) warna dengan menggunakan sistem CMYK (cyan, magentayellow, dan black) agar terkesan menegaskan juga memperkuat warna gambar. Warna hitam digunakan sesuai dengan prosentase yang diinginkan.

Dalam seni rupa hitam sering digunakan dalam penyajian warna, mengingat hitam dengan didampingi warna lain mampu memperkuat kesan warna tersebut. Selain itu hitam sering digunakan sebagai cat ruangan dinding yang sama sekali tidak boleh memantulkan cahaya, contohnya kamar gelap fotografi atau bioskop.