Apa itu gambar Grayscale atau mode Grayscale?
Sedikit ringkasan tentang gambar Grayscale dengan ukuran, fungsinya dan penghitungan dalam Kilometri.
Grayscale atau abu-abu adalah gambar yang memiliki nilai 1 byte pada setiap pixelnya yang dikenal juga sebagai gambar hitam-putih. Terdiri dari nuansa eksklusif abu-abu yang bervariasi dari intensitas warna hitam yang diperlemah dan warna putih yang diperkuat.
Pixel grayscale ini dihitung dalam bilangan biner "0" dan "1". Dalam dunia sablon atau percetakan umumnya disimpan 8-bit per sampel pixel yang akan merekam 256 intensitas warna abu-abu atau 16-bit dengan 65.536 intensitas warna. Dalam bahasa Photoshop gambar biner sama dengan gambar pada "Bitmap" mode dan digunakan untuk membentuk warna abu-abu sebelum dijadikan raster titik agar dapat dihitung dengan bilangan biner yang kemudian di baca pada pengaturan bitmap "lihat contoh".
Grayscale juga sering digunakan untuk mengukur intensitas cahaya pada spektrum elektromagnetik seperti infra merah, cahaya tampak, ultraviolet dll menggunakan prinsip-prinsip fotometri atau kilometri dengan cara mencocokan pencahayaan dari gambar grayscale dengan gambar aslinya.
Berikut konversi grayscale dengan prinsip kilometri :
Untuk mengkonversi warna dari colorspace didasarkan pada RGB ke Grayscale representasi dari Luminance (cahaya yang dipantulkan dari permukaan suatu objek dan dinyatakan dalam Candela), dihitung dalam RGB linear, yaitu setelah fungsi kompresi gamma yang telah dihapus pada saat perluasan gamma.
Untuk sRGB ruang warna, perluasan gamma didefinisikan sebagai berikut :
dimana C sRGB merupakan salah satu dari tiga sRGB utama gamma yang terkompresi (R sRGB , G sRGB, dan B sRGB , masing-masing dalam rentang [0,1] dan C linear adalan nilai linear intensitas (R, G, dan B juga dalam rentang [0,1]. Kemudian pencahayaan dihitung sebagai jumlah tertimbang dari tiga nilai intensitas linear. sRGB ruang warna didefinisikan pada CIE 1931 pencahayaan linear Y, yang didapat dari
Koefisien mewakili persepsi intensitas yang diukur dengan Trichromat manusia, khususnya penglihatan manusia yang paling sensitif terhadap warna hijau dan paling pasif terhadap warna biru. Untuk pengkodean intensitas grayscale di dalam RGB linear, tiga primary dapat diatur untuk mendapatkan nilai grayscale linear ini dengan menyamakan penghitungan pencahayaan linear Y (menggantikan R, G, B oleh Y, Y, Y). Pencahayaan linear ini byasanya memerlukan gamma yang telah terkompresi untuk kembali ke representasi non-linear konvesional.
Untuk sRGB, masing-masing dari tiga primary diatas kemudian diatur ke gamma-terkompresi, seperti Y sRGB yang dijadikan kebalikan dari perluasan gamma diatas, contohnya sebagai berikut
Dalam prakteknya karena ketiga komponen sRGB itu sama, hanya perlu menyimpan nilai-nilai ini sekali saja dalam format sRGB-(yang didukung single-channel). Web browser dan perangkat lunak lainnya yang mengakui gambar sRGB byasanya akan memberikan nilai render yang sama untuk gambar grayscale dalam ketiga jalur warna.