Apa itu tinta plastisol?

Tinta(pasta) Plastisol

Mungkin bagi sabloner sudah tidak asing lagi dengan jenis tinta satu ini, selain memberikan efek warna yang lebih hidup pada gambar juga tahan lama(dibutuhkan heat(hot) gun suhu tinggi untuk pengeringannya). Seiring perkembangan kebutuhan konsumen, sekerangpun sudah tersedia jenis plastisol baru yaitu Semi Plastisol, perpaduan antara rubber(karet) dan bahan plastisol itu sendiri. Plastisol adalah jenis Solvent base(basis minyak) biasa menggunakan solvent M3 atau M4, tergantung dari  merk plastisol itu sendiri, karena ada juga jenis plastisol yang bisa digunakan dengan minyak tanah atau solvent khusus. Perlu diperhatikan untuk membuat gambar raster(pecah warna) ada jenis plastisol sendiri juga ada jenis yang memang hanya bisa digunakan untuk gambar-gambar blok(seperti tulisan). Agar lebih jelas bisa tanyakan langung dengan penjual alat sablon.


Screen yang biasa digunakan untuk jenis tulisan (blok) yaitu ukuran T36-T61 dan untuk membuat gambar hidup(3d)raster (pecah warna) menggunakan screen T77-T120. Juga bisa membuat huruf timbul, dengan proses gesut-keringkan n gesut-keringkan (menggunakan hot gun) hingga mendapatkan  ketebalan yang diinginkan.

Oya untuk membantu pengeringan setelah proses sablon bisa juga menggunakan mesin curing. Ada sedikit tips nih, untuk menghasilkan hasil sablonan yang mengkilap tidak perlu menggunakan coat, cukup menggunakan plastik repro, caranya, siapkan plastik repro, setelah selesai penyablonan, masukan kaos ke mesin pres lalu taruh plastik diatas sablonan tadi kemudian taru kain diatas plastiknya(agar tidak lengket dengan mesin pres), kemudian di press dalam waktu 10-20 detik.

Plastisol tidak seperti jenis pasta lainnya yang mudah sekali lengket(kering) di screen, dan untuk harga memang sedikit lebih mahal dibanding jenis pasta lainnya karena memang hasilnyapun memuaskan.

Salam sablon,

Jika kamu belum memiliki Photoshop, bisa download dibawah ini...

>>>Photoshop cs4 no crack

>>>Photoshop cs5 + crack