Apa itu Tanda Air pada selembar uang?

Tanda air biasa digunakan pada uang kertas, perangko, serta dokumen-dokumen penting lainnya untuk menghindari pemalsuan.


Watermark(tanda air) adalah gambar atau pola untuk mengidentifikasi di dalam kertas yang muncul sebagai berbagai warna terang / gelap ketika dilihat membelakangi cahaya yang ditransmisikan (bila dilihat oleh cahaya yang dipantulkan, di atas latar belakang gelap) yang disebabkan oleh variasi ketebalan atau kerapatan yang membentuk motif gambar pada kertas itu sendiri.

Agar lebih mudah, proses watermark diaplikasikan setelah penyaringan pulp(kertas).

Tanda air biasa digunakan pada prangko, mata uang, dan dokumen pemerintah lainnya sebagai salah satu tanda sah-nya dan mencegahnya dari pemalsuan. 

Ada dua cara utama untuk membuat tanda air ini yaitu dengan cara proses gulungan pesolek , lebih kompleksnya proses cetakan menggunakan silinder yang bermotif.

Berbagai alat bantu telah dikembangkan, seperti cairan(chemical) tanda air yang dapat membasahi lalu merapatkannya sehingga membentuk motif di kertas tanpa merusaknya.

Tanda air ini sangat berguna dalam pemeriksaan kertas, karena dapat digunakan untuk menentukan tanggal, mengidentifikasi ukuran, merek dagang pabrik dan lokasi dan juga menentukan kualitas kertas itu sendiri.

Tanda ini juga digunakan untuk praktik digital sebagai lisensi seperti dalam industri musik, video, gambar, atau file-file penting lainnya .


Watermark image

Jika kamu belum memiliki Photoshop, bisa download dibawah ini...

>>>Photoshop cs4 no crack

>>>Photoshop cs5 + crack