Apa arti dari Cotton Combed 20s, 24s, 30s, serta 40s ? 

Cotton Combed merupakan kategori katun (cotton) yg amat sangat halus, pada proses pembuatannya serat katun diproses dengan cara khusus sebelum diputar di mesin pemintal. Dengan cara umum cotton combed ini lebih mahal di bandingkan kain katun biasa. Bahan Cotton combed terlihat lebih lembut dikarenakan serat benangnya yg halus. 


KAOS POLOS DISTRO COTTON COMBED 24s


Sebab sifat bahan cotton combed yg amat sangat halus & kuat, bahan cotton combed sering dimanfaatkan untuk bahan sprei atau bahan baju seperti kaos, yg bersentuhan dengan kulit manusia.

Bahan cotton combed mempunyai sifat tdk panas & mudah menyerap keringat karena bahan baku dasarnya yakni serat kapas alami, maka sering digynakan sebagai baju santai ataupun baju olahraga. 

Kaos dgn bahan cotton combed amat sangat pas dimanfaatkan di daerah beriklim tropis sama seperti di Indonesia dikarenakan sifatnya yg menyerap keringat. Dan ada juga Kain Jenis Cotton Bamboo/Bambu.


Dengan Cara umum, makin kecil angka makin tebal bahan kaos yg dimaksud. Walau begitu, tidak ada standar yg tentu di antara para pembuat bahan katun, maka istilah 20s dari pembuat A dengan pembuatan B, kemungkinan tidak akan sama persis ketebalannya bersama bahan 20s dari pembuat yg lain.

Angka 20, 24, 30, serta 40 menunjukkan kategori benang yg diperlukan kepada proses perajutan ke bahan kain.

Benang 20 rata rata dipakai untuk bahan kain dgn gramasi antara 180 – 220 gr/m2 untuk tipe rajutan jarum tunggal.

Benang 24 dimanfaatkan utk bahan kain dengan gramasi antara 170 – 210 gr/m2 buat kategori rajutan jarum tunggal.

Benang 30 dimanfaatkan utk bahan kain dgn gramasi antara 140 – 160 gr/m2 utk type rajutan jarum tunggal. Tetapi untuk tipe rajutan jarum ganda, bahan kain yg dihasilkan mencapai gramasi antara 210 – 230 gr/m2.

Benang 40 difungsikan utk bahan kain dengan gramasi antara 110 – 120 gr/m2 utk type rajutan jarum tunggal. Utk kategori rajutan jarum ganda, bahan kain yg dihasilkan mencapai gramasi antara 180 – 200 gr/m2.


Jadi makin kecil angkanya,makin tebal kainnya apabila makin besar angkanya maka kainnya akan semakin tipis.


Keterangan :

Kode S: adalah simbul dari Single Knit, atau permukaan kaos yang halus hanya sebelah luar saja.

Kode D : adalah kode untuk Double Knit, atau permukaan kaos yang halus bagian dalam dan luar, biasanya dipakai untuk baju bayi dan untuk kebutuhan khusus. Dari sisi harga lebih mahal disbanding dengan single knit.

Kategori rajutannya tidak terlalu rapat, kenyal, & lentur, maka pas diperlukan utk baju bayi serta anak-anak.

Kaos yg umumnya difungsikan buat bahan sablon kaos distro, biasanya memanfaatkan bahan kain katun combed 20s,24s dan 30s.


Menilai Mutu Jahitan Kaos


Walau kaos yakni baju hanya untuk bersantai, serta memberikan kesan sederhana, ada sekian banyak faktor yg membedakan mutu kaos. Tidak Hanya bahan yg dimanfaatkan, mutu kaos pula ditentukan oleh mutu jahitannya. 

Makin baik mutu jahitannya maka semakin memberikan kesan yg rapi, dan tdk merusak bahan kaos.

Apabila jahitan rapi dgn jarak antarjahitan sama, mutu jahitan kaos bisa dikatakan baik dan makin rapat jahitannya maka makin baik mutu jahitannya.

Demikian pun dgn sisa benang kepada ujung-ujung jahitan. Jahitan yg baik tdk dapat meninggalkan sedikit sisa benang.

Lihat juga sambungan antara lengan serta tubuh kaos. Jahitan yg baik terlihat sambungan yg berbentuk persilangan garis.

Berikutnya merupakan sisi dari batas kain yg diobras. Jikalau jahitan obras kelihatan rapat serta rapi, menandakan mutu obras yg baik.


Jika kamu belum memiliki Photoshop, bisa download dibawah ini...

>>>Photoshop cs4 no crack

>>>Photoshop cs5 + crack