Jika kamu belum memiliki Program Desain, bisa download dibawah ini...

>Photoshop cs4 no crack >Photoshop cs5 + crack

>Coreldraw Portable X5 >WinRAR 7.01(fileCR)


Bagaimanakah metode untuk memulai mendesain baju/kaos/pakaian berkualitas distro?






Jika anda ingin memulai untuk berbisnis kaos distro, mungkin bagi yang belum pernah melihat atau terjun langsung dalam dunia ini pasti bingung untuk menentukan desainnya.



Ok kita akan lihat bagaimanakah konsepnya.

  • Cara cepat yaitu mendesain dengan gambar seadanya tanpa ada perbandingan dari pasar saat ini. Ini tidak efektif.
  • Jangan terlalu terburu-buru untuk menentukan gambar kaosnya, perhatikan tema dari gambar yang akan dibuat.
  • Alangkah baiknya meriset(mencari perbandingan). Jenis gambar(sablon) apa yang banyak diminati. Atau menargetkan costemer seperti apa, sehingga bisa dibuat desain-desain yang menarik dan diminati oleh costemer(calon pembeli).
  • Ide Original, maksudnya adalah gambar desain buatan sendiri namun tidak keluar dari tema yang diambil. Buatlah se unik mungkin. Namun lebih bagus lagi jika memiliki desain yang memang Murni buatan sendiri, sehingga brand yang dibuat bisa dipatenkan.
  • Alat promosi, alat ini seperti kantong(pembungkus), sticker, name tag(brand), banner(poster), dll.

Perhatikan!

Pernahkan anda mengunjungi toko distro dikota anda atau kota lain, ketika melihat seisi toko apa yang terlintas selain suasana dan ac nya yang bikin adem?. Tentunya pakaian-pakaianya pun terlihat adem di hati karena melihat variant tag, desain pakaian juga desain gambarnya, sentuhlah dia dan coba kenakan dibadan(ruang pas), jika terasa ingin membelinya,belilah.

Sekarang kita bisa simpulkan
  • Bahwa suasana itu penting, nyaman saaat berkunjung.
  • Mencocokan diri dengan pakaian yang akan dibeli.
  • Menyentuh untuk mengenal apa sih bahan ini dan bagaimana kualitasnya.
  • Melihat tag harga agar sesuai dengan bajet.
Dari cerita tadi kita diwajibkan untuk membuat/mendesain sesemaksimal mungkin dan selalu memperhatikan di setiap detailnya. Agar hargapun mampu bersaing juga terjual ditoko anda atau toko online anda.

Bagaimanakah menciptakan ide untuk mendesain kaos sehingga memiliki nilai jual?

Biasanya ketika anda membeli pakaian anda berpikir bahwa desain yang anda beli itu bagus dan keren. Rubah pernyataan itu. Dan ganti dengan "Desain kaos/pakaian apa yang ingin dibeli dan pasti di beli oleh costemer(pengunjung)?"

Siapakah target anda (pembeli)?

Ada beberapa jenis costemer yang biasa mengunjungi toko pakaian yaitu siswa/i SD,SMP,SMA, Karyawan Kantor dan Mahasiswa/i. Desainlah pakaian sesuai selera(trend) dengan posisi costemer(kalangan mereka).

Desain seperti apa yang disukai mereka?

Mudah saja untuk mengetahui desain seperti apa yang mereka sukai, yaitu sempatkanlah berkunjung ke tempat ramai seperti ke tempat nongkrong seperti Mall, Caffe atau Sarana Publik lainnya.
Ketika melihat mereka dengan pakaiannya, cobalah berpikir pada diri anda sendiri "mengapa saya suka dengan kaos ini?" dan "mengapa saya membeli kaos ini?". Pertanyaan itu akan mencetuskan ide sendiri untuk membuat dan mendesai untuk usaha yang ingin anda kembangkan(toko distro).

Pengenalan Brand

Membandingkan brand dengan brand lain yang konsumen anda sukai. Pelajarilah brand tersebut mulai dari pembuatan pola pakainanya, desain gambarnya juga konsep seperti apa yang brand itu kembangkan. Dan yakin bahwa anda mampu untuk membuat desain lebih dari itu dengan hanya melihatnya.

Dan sekarang anda telah mengetahui kelemahan juga kelebihan dari masing2 brand yang telah anda survey dan pelajarinya langsung. Itu karena anda yakin dan mampu untuk menciptakan karya yang lebih baik dibanding brand yang calon konsumen sukai.

Ide dengan teknik Visualisasi


  • Teknik visualisasi adalah teknik visual/penglihatan, artinya dengan cara melihatlah ide itu akan muncul, setelah dilihat, rekam didalam kepala.
  • Fokuskan teknik visualisasi untuk detail dari desain yang ingin dibuat setelah itu mulailah berimprofisasi dengan ide lain. Gunakan metode ini, Amati-Tiru-Modifikasi, artinya tiru mindsetnya seperti inspirasi dan motivasi dari desainer tersebut. Dengan begitu anda akan menciptakan hasil karya yang jauh lebih baik lagi. Kalo kata Austin Kleon (seorang penulis dari Ohio) "Seniman yang baik menyadari bahwa tidak ada yang muncul secara tiba-tiba".

Melatih Kreatifitas

  • Usahakan membuat minimal 20 pilihan ide desain. Dimanapun dan kapanpun ketika ide(inspirasi) itu datang, segera tulislah atau gambarlah, tentukan jenis tulisan/jenis gambar pada saat itu juga, gunakan alat yang ada disekitar, seperti HP untuk mencari jenis huruf/gambar atau pulpen jika ingin menggambar rencananya, karena itu akan memicu kreatifitas anda, jangan menunggu nanti-nanti.
  • Kuasai komputer, ini paling penting karena semua akan diproses didalamnya. Dengan program yang biasa digunakan yaitu Photoshop, CorelDraw, Freehand, dll.
  • Setelah membuat 20 desain tadi, sekarang pilihlah 10 desain yang menurut kamu kurang potensial, dan amatilah. Lalu buat pertanyaan. Apakah desain sudah sesuai dengan tema?, Apakah model huruf sudah pas dengan tema?, Apakah desain ini terlalu mirip?, Apakah desain mengandung unsur negatif?.
  • Membuang warna yang kurang cocok lalu mengkombinasikannya dengan warna lain, sehingga mendapatkan warna yang seimbang antara warna pakaian dengan warna desain gambarnya.

Jadi untuk mendesain kaos butuh pertimbangan yang baik, dan memilih jenis gambar yang sesuai dengan target market kita. Agar bisa menciptakan kesan pertama bagi pembeli(costemer).

Oke bagi yang penasarn ingin memulai proses editing gambar dan penyablonannya bisa langsung saja cek di daftar artikel dibawah ini.