Jika kamu belum memiliki Program Desain, bisa download dibawah ini...

>Photoshop cs4 no crack >Photoshop cs5 + crack

>Coreldraw Portable X5 >WinRAR 7.01(fileCR)



Proses dan Cara Sablon Kaos Manual Sendiri Di Rumah

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas alat dan bahan apa saja yang selalu ada dalam proses sablon kaos manual. Juga kita telah belajar cara mendesain gambar menggunakan aplikasi Photoshop, CorelDraw, Freehand atau aplikasi lainnya yang anda ketahui. Dan sekarang lihat bagaimana proses penyablonannya.


Siapkan alat dibawah ini



Screen sablon
Obat afdruk
Hardener (pengeras screen)
Hasil print gambar jenis kertas/film/repro (ingat warna harus hitam pekat) 
Meja sablon atau papan triplek dan diberi lem meja (papan banting, catok atau rotary)
Rakel (untuk penyapuan)
Minyak goreng
Alat semprot air (semprotan burung)
Chemical/Cat dan Tinta/Pigmen Warna
Meja afdruk (meja yang sudah diberikan lampu neon untuk memasak obat afdruk)
Kartu perdana/atm bekas
Kaos "Kalo pengen tau Jenis Kaos bisa "Jenis-Jenis Bahan Kaos"

Perhatikan

  • Campurkan obat afdruk yaitu emulsion dan sensitizernya diwadah mangkok kemudian di aduk (sesuaikan perbandingannya). Lalu oleskan tipis dibagian depan dan belakang screen menggunakan kartu perdana bekas, seperti gambar dibawah ini kemudian dikipas-kipas tunggu hingga agak mengering.

proses pelumuran obat afdruk ke screen
Lumuri screen dengan obat afdruk

  • Jika permukaan screen sudah terlihat mengering, oleskan permukaan depan screen dengan minyak goreng lalu letakkan kertas printnya, sapu dengan kartu perdana hingga kertas print melekat dengan screen. Kemudian letakkan seperti urutan gambar dibawah ini. Nyalakan lampu meja dan tunggu hingga 7-10 menit dalam ruangan gelap.

pencahayaan screen untuk mendapatkan gambar
Proses pencahayaan

  • Jika sudah sekitar 7-10 menit, angkat screen lalu siram-siramkan dahulu dengan air di seluruh screen agar minyak hilang. Kemudian semprotkan screen dengan penyemprot air (penyemprot burung) sehingga area screen yang mengandung gambar dapat berlubang.. Kemudian jemur dan tunggu hingga mengering, juka sudah mengering oleskan Hardener (pengeras screen) jemur di terik matahari.

semprot agar gambar dapat terlihat
Proses penyemprotan


  • Masukan triplek kedalam kaos yang sudah dilumuri lem meja, penggunaakn triplek ini supaya diperoleh hasil yang rata pada saat penyapuan dan cat dapat tersaring dengan baik.

masukan triplek kedalam kaos yang sudah dilimuri lem meja
Masukan triplek kedalam kaos

  • Letakan screen diatas kaos kemudian tuangkan pasta diatas screen

tuang pasta/cat yang sudah dibuat
Tuangkan pasta/Cat

  • Tarik pasta menggunakan rakel sehingga pasta dapat turun melalui lubang-lubang kecil screen ke objek kaos, kemudian keringkan cat yang dikaos menggunakan hairdryer dan ulangi hingga 2-3 kali untuk mendapatkan hasil gambar yang kuat.

penyapuan agar tinta dapat turun dan melekan dengan kaos
Penyapuan

  • Setelah penyapuan selesai keringkan dibawah sinar matahari terik (mesin kuring) atau bila mempunyai mesin press, gunakan mesin press untuk hasil lebih maksimal. Bila ingin mengkilap bisa tambahkan coating.