Jika kamu belum memiliki Program Desain, bisa download dibawah ini...

>Photoshop cs4 no crack >Photoshop cs5 + crack

>Coreldraw Portable X5 >WinRAR 7.01(fileCR)

Definisi dari jenis gambar vektor dan raster, perbedaan dan fungsinya

Perbedaan Raster dan Vektor

Vektor ?

Grafis vektor adalah gambar grafik komputer yang didefinisikan dalam bentuk titik 2D yang dihubungkan oleh garis dan kurva untuk membentuk poligon dan bentuk lainnya.



Dari masing-masing titik ini memiliki posisi yang tetap pada sumbu x dan y dari bidang kerja dan menentukan arah dari titik tersebut, setiap arahnya memiliki berbagai properti termasuk nilai untuk warna stroke, bentuk, kurva, ketebalan, dan isi.

Grafis vektor umumnya ditemukan saat ini dalam format file grafik SVG, EPS dan PDF dan secara intrinsik berbeda dari format file grafik raster yang lebih umum dari JPEG, PNG, APNG, GIF, dan MPEG4.

Gambar vektor, sebagai alternatif editor karena memungkinkan lebih banyak fleksibilitasnya dalam proses pengeditan. Vektor dibangun menggunakan rumus matematika dari setiap blok berwarna, jenis file vektor seperti EPS, AI dan PDF sangat bagus untuk membuat grafik yang sering membutuhkan pengubahan ukuran.

* PDF pada umumnya adalah file vektor. Namun, tergantung bagaimana PDF awalnya dibuat, bisa berupa vektor atau file raster. Jadi pilihlah sesuai dengan kebutuhan anda.

Penggunaan

Logo perusahaan dan merek biasanya dibuat menggunakan cara vektor dan disimpan sebagai file master sehingga dapat diaplikasikan(printout) ke barang-barang yang lebih kecil, seperti kartu nama, kop surat, label kemasan dll, dan juga dapat diaplikasikan ke bidang yang lebih luas seperti pakaian kaos, kemasan besar, kendaraan, spanduk dll.

Raster ?(gradasi)

Gambar raster dibentuk dari setingan resolusi, pada komputer modern saat ini byasanya menampilkan sekitar 72-130 pixel per inchi(PPI), ada juga yang dapat menyesuaikan lebih dari 2.400 titik pixel per inchi (DPI).

Dalam dunia percetakan pengaturan resolusi ini sangat menentukan hasil akhirnya dan di dalam dunia percetakan yang menggunakan mesin printerpun sama. Karena semakin tinggi resolusi maka hasil output akan semakin detail. Byasanya resolusi antara 150-300 pixel adalah yang sesuai untuk digunakan dalam sistem CMYK (cyan, magenta, yellow, black).

Penggunaan
Raster biasa digunakan untuk gambar yang bersifat Realis. Menambahkan sebuah efek mencahayaan, kontras, menyeimbangkan warna, menfilter dan mencampur warna sehingga mendapatkan gradasi yang diinginkan. Raster sangat mengandalkan resolusi. Di dalam dunia photografi atau editor photo raster sangatlah membantu dalam prosesnya.