Jika kamu belum memiliki Program Desain, bisa download dibawah ini...

>Photoshop cs4 no crack >Photoshop cs5 + crack

>Coreldraw Portable X5 >WinRAR 7.01(fileCR)




Apa itu Pigmen? untuk sablon/airbrush CMYK

Pigmen warna

Dibandingkan dengan percetakan menggunakan mesin, percetakan sablon manual justru memiliki jenis tinta yang lebih banyak "pelajari jenis-jenis tinta sablon". Agar sobat dapat mengerti apa itu pigmen. Berikut penjelasannya.


Pigmen atau zat warna adalah zat yang merubah cahaya warna tampak sebagai akibat proses absorpsi selektif terhadap panjang gelombang pada kisaran tertentu. Didalam dunia sablon, pigmen adalah sebuah zat untuk mencampurkan warna dengan chemical. Chemical itu seperti Superwhite, Binder, Plastysol dll. Sedangkan pigmen warna byasanya dijual dalam botol kecil karena penggunaannya tidak terlalu banyak.

Pigmen tidak menghasilkan warna tertentu sehingga berbeda dari zat-zat pendar (luminescence). Molekul pigmen menyerap energi pada panjang gelombang tertentu sehingga memantulakan panjang gelombang tampak lainnya, sedangkan pendar memancarkan cahaya karena reaksi kimia tertentu.

Didalam dunia percetakan pigmen dibagi dalam 3 jenis dasar pigmen yang mampu meniru pigmen-pigmen lain jika dicampurkan dengan proporsi yang tepat, pigmen tersebut yaitu cyan, magenta dan yellow. Dan sebagai tambahan untuk memperdalam warna ditambahkanlah warna pigmen K yaitu Black(hitam). Contohnya untuk mendapatkan sensasi warna merah dicampurkan pigmen warna magenta dan yellow dalam proporsi tertentu.

Pigmen alami banyak dihasilkan oleh organisme, dan banyak yang bernilai ekonomi. Pigmen yang dihasilkan dari organisme dikelompokan sebagai pigmen hayati.