Jika kamu belum memiliki Program Desain, bisa download dibawah ini...

>Photoshop cs4 no crack >Photoshop cs5 + crack

>Coreldraw Portable X5 >WinRAR 7.01(fileCR)




Cara proses sablon Discharge agar semua hasil lebih maksimal

Cara proses sablon dischard

Teknik sablon Discharge adalah salah satu teknik alternatif untuk mencetak gambar di bahan kaos yang sulit untuk dicocokan warnanya, contohnya seperti bila kamu menyablon raster dibahan warna hitam/bahan gelap lainnya, pasti warna yang akan dihasilkan tidak akan sempurna, bisa jadi gambar bahkan tidak terlihat.

Mungkin kamu sekarang untuk menyablon diwarna gelap melakukan sablon warna dasar terlebih dahulu(underbase) atau tinta rubber lalu proses sablon warna. Dengan teknik dischard ini kamu tidak perlu melakukan itu. Hasil dengan teknik inipun sangat bagus lebih lembut dan langsung menyatu dengan bahan.

Tetapi perlu kamu ingat tidak semua jenis bahan pakaian bisa dilakukan proses discharge ini, hanya bahan tertentu saja, yaitu jenis bahan cotton 100%, dan tidak semua jenis bahan cotton 100% yang bisa di pakai, yaitu hanya jenis cotton yang dalam proses pewarnaannya menggunakan celup reactive (vinyl sulphone). Juga tidak semua toko menjualnya.

Hal ini menjadi permasalahan pada saat membeli bahan untuk proses dischard, mungkin saja mereka hanya menjual namun tidak mengerti jenis bahan. Dan mereka hanya ingin dagangannya laku terjual, jadi penting bagi kamu untuk bertanya pada penjual atau bertanya pada teman sablon kamu/tukang sablon langganan kamu tentang bahan yang bisa dilakukan proses ini. Lalu ketahuilah karakteristik fisiknya.

Bahan kimia ini biasanya berbentuk cair(agak kental), serbuk atau butiran.

Untuk proses cabut warnanya (discharge) itu dengan mencampur tinta(chemical) dan bahan discharge. sekarang ada juga toko sablon yang menjual type lain yang sudah siap pakai.

Bila bahan sudah kamu  cabut warna (discharge), kemudian masuk ke proses penyablonan, untuk penyablonannya sama seperti biasa kamu menyablon kaos, bisa menggunakan rubber, extender dll, dengan teknik separasi satu warna, dua warna atau cmyk.

Untuk hasil yang lebih baik disarankan agar dalam proses pada saat penyablonan, usahakan tinta jangan terlalu lama di diamkan, kurang lebih 4-5 jam, kemudian ganti dengan tinta baru. Dan bila penyapuan selesai keringkan dengan hairdrayer sebentar lalu panaskan dengan mesin press.